PABX: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Cara Kerja Update 2020

PABX
PABX

Mungkin istilah PABX masih sangat asing bagi kita. Yah memang PABX jarang di ketahui banyak orang saat ini karena PABX ada pada penggunaan telepon. Sedangkan zaman sekarang telepon sudah jarang digunakan karena banyak orang lebih memilih menggunakan Smartphone.

Secara singkat PABX merupakan teknologi komunikasi yang memungkinkan kita dapat berhubungan atau komunikasi langsung tanpa melalui operator. Biasanya PABX banyak digunakan untuk kantor, gedung, rumah tinggal, hotel, rumah sakit dan instansi pemerintahan.

Untuk penjelasan lebih dalamnya yuk simak ulasan dibawah ini agar anda lebih paham mengenai apa sih sebenarnya PABX itu.

Pengertian PABX

Secara singkat PABX adalah sistem komunikasi telepon yang pengoperasiannya tanpa melalui operator. Dengan adanya sistem ini, penelepon dapat melakukan panggilan telepon langsung terhadap nomor telepon yang dituju yaitu dengan cara memasukan kode khusus untuk melakukan panggilan keluar, kemudian menekan nomor telepon yang dituju.

Secara bahasa PABX atau Private Automatic Branch Exchange merupakan istilah lama dari Private Branch Exchange (PBX). Pada zaman dulu disebut dengan PBX yang berfungsi untuk memaksimalkan fungsi telepon di perusahaan. Dengan adanya PBX akan memudahkan berbagai bagian bagian pada suatu kantor dari panggilan telepon yang masuk dimana masing-masing bagian pada kantor tersebut diberikan nomor extension.

Apabila ada telepon masuk dari luar (Misal: nomor HP 08XXX) untuk menghubungi bagian internal perusahaan, ataupun cabang perusahaan yang berbeda maka cukup dengan menghubungi suatu nomor yang diperkenalkan oleh perusahaan, selanjutnya panggilan tersebut akan diteruskan berdasarkan nomor extension yang dituju.Selain itu masing-masing bagian juga bisa saling berkomunikasi antar mereka dengan menuju nomor ekstension.

PABX adalah Alat Penyambung (Switch) untuk mengatur komunikasi telpon masuk dan telpon keluar secara efisien dan efektif di Kantor, Ruko, Rukan, Rumah besar/bertingkat, Asrama, Kost, dan bangunan lainnya.

PABX merupakan sebuah sentral kecil yang digunakan di dalam suatu lingkungan terbatas, yang merupakan pusat dari suatu jaringan komunikasi. Dengan kata lain jumlah nomor extension yang dapat dikelola tergantung dari kapasitas PABX itu sendiri. Ketika akan menghubungkan extension dengan nomor yang berada di luar PABX, maka pada PABX harus dilengkapi dengan trunk (Trunk secara singkat bisa diartikan sebagai koneksi dari satu perangkat ke perangkat lain).

Masing-masing telepon tidak secara langsung tersambung pada sentral pusat, tetapi melalui PABX. PABX Secara garis besar terdapat dua level , yaitu PABX pada level Trunk dan PABX pada level pelanggan. Pada PABX pada level pelanggan terhubung ke sentral dengan dua kawat analog seperti pesawat telepon biasa.

Sedangkan  PABX level Trunk empat kawat kecepatan tinggi dihubungkan ke sentral untuk melewatkan sinyal digital, dan PABX ini sudah dapat melaksanakan sebagian besar tugas-tugas dari sentral. Ada beberapa perangkat keras sebagai pendukung system PABX dan masing- masing perangkat keras tersebut saling mendukung antara satu dengan yang lainnya.

Perangkat keras tersebut biasanya disebut sebagai sub sistem atau modul. Dan yang menghubungkan antara modul satu dengan yang lain adalah  induk dari modul-modul tersebut dimana mereka bisa menjadi suatu sistem yang teratur dan terkoordinasi. Induk penghubung ini adalah Motherboard atau Blackplane. Semua proses penyambungan akan melalui Motherboard.

Fungsi PABX

Pada dasarnya semua PABX mempunyai fungsi yang sama, tapi fungsi-fungsi tersebut diterapkan dan diatur dalam jalan yang berbeda dalam sistem yang bervariasi. Selain itu fungsi PABX juga sebagai sistem penyambungan telepon untuk mengatur proses penyambungan komunikasi pada telepon.

Baca juga: kalkulasi biaya VoIP dan PSTN

Jenis PABX

PABX Analog

PABX Analog
PABX Analog

PABX analog mempunyai output atau extension sebagai sinyal analog-nya. PABX jenis ini sudah menggunakan sinyal analog seperti single line telephone sehingga tidak membutuhkan telepon khusus. Kelebihan PABX jenis ini adalah anda tidak perlu menyiapkan telpon khusus. Banyak perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk membeli alat ini dan untuk penjualan PABX analog panasonic ini bisa didapatkan ditempat yang terpercaya, seperti di Stabiliskom.

Dalam 1 dekade terakhir PABX analog telah mendukung pekerjaan masyarakat luas , yaitu dengan menggunakan kabel tembaga dan POTS (Plain Old Telephone Service), perangkat ini memiliki kemampuan yang cukup bisa andalkan, kemampuan suara yang dihasilkan oleh PABX analog cukup baik dan pada PABX jenis ini juga terdapat beberapa fitur dasar yang mungkin bisa di temukan pada ponsel biasa seperti menerima telepon, mematikan suara telepon, redial dan speed dial.

Anda dapat melakukan transfer panggilan atau memindahkan panggilan antar ekstensi dengan menggunakan PABX, . Sayangnya, fitur dari PABX analog hanya sampai disitu. Dengan beberapa kemudahan yang ditawarkan dan fitur yang tidak terlalu kompleks, membuat sistem perangkat PABX ini cukup murah dan terjangkau. PABX analog tidak terlalu mahal karena  tidak menggunakan banyak hardware tambahan yang digunakan untuk melakukan konfigurasi, support dan peningkatan .

Pembelian PABX analog memang cukup murah, dan berguna dalam jangka waktu yang pendek. Tapi hal tersebut akan sangat menyulitkan ke depannya, terutama jika anda harus berhubungan atau melakukan intergrasi sistem dengan kebutuhan sistem seperti VoIP dan CRM (Customer Relationship Management).

PABX Digital

PABX Digital
PABX Digital

PABX yang satu ini merupakan salah satu  jenis pabx yang memiliki output data digital. Jenis pabx ini biasa menggunakan kabel tilion 4 kawat. Memiliki beberapa fitur seperti conference call serta menggunakan telepon khusus untuk menyambungkannya karena harus terlebih dahulu di konversi dari data digital menjadi suara. PABX Digital merupakan teknologi terbaru dari PABX analog dan kelebihannya adalah di mana masing-masing pesawat teleponnya dapat berfungsi sebagai Operator Console.

Perkembangan PABX digital sekarang sangat tinggi dan banyak perkantoran yang beralih menggunakan PABX jenis ini. Karena memang PABX jenis digital menawarkan fitur yang lebih lengkap dan lebih canggih jika dibandingkan dengan PABX analog. PABX digital menggunakan sistem yang dapat diatur melalui website atau komputer. Dengan adanya Pabx ini  berarti anda tidak membutuhkan perangkat keras apapun untuk melakukan instalasi PABX.

Perbedaan yang cukup mencolok dari PABX digital dan PABX analog dapat di lihat dari proses transfer transmisi suara,  yaitu yang sebelumnya analog menjadi digital.

IP PABX

IP PBX
IP PBX

Berbeda dengan PABX analog dan digital, terciptanya PABX jenis ini  karena meningkatnya kebutuhan data yang diperlukan. IP PABX menggunakan jaringan data IP (internet protocol) sebagai jaringannya untuk mengirim berbagai percakapan dalam bentuk paket data. Ip pabx juga mampu dijalankan dengan system analog dan digital serta tentunya jaringan data ip. Fungsi lain dari PABX jenis ini yaitu bisa dijadikan sebagai modem.

Perangkat ini memungkinkan pengguna bisa mengalihkan panggilan dengan melalui VoIP (Voice over Internet Protocol atau IP) kepada semua pengguna yang tersambung dalam satu jaringan. Selain itu, melalui Internet Protocol pengguna juga bisa menghubungi ekstensi lain .

Pengguna IP PABX bisa melakukan panggilan telepon atau mengalihkan panggilan telepon dengan sesama nomor extension atau telepon PSTN. Apabila  kantor anda memiliki telepon tradisional, maka pengguna tetap sama-sama dapat melakukan hal tersebut.

Baca juga: Cari tau lebih lanjut tentang VoIP

PABX Hybrid

PABX Hybrid
PABX Hybrid

PABX jenis ini adalah PABX yang memiliki fitur analog dan Digital. Dengan gabungan kedua PABX tersebut, Fitur yang didapatkan menjadi semakin lebih baik karena adanya fitur-fitur baru maupun fitur lama yang ditambahkan dan ditanamkan kembali.

Cara Kerja PABX

Sistem PABX memiliki beberapa sambungan kabel yang diarahkan pada sebuah switchboard sebagai control station. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di perusahaan.

Cara kerja umum pada  sebuah PABX yaitu setiap ada telepon baru yang masuk, maka telepon masuk tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode extension tertentu, maka telepon masuk tersebut dapat diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode extension tersebut.

Nah itulah penjelasan mengenai PABX, semoga dengan adanya artikel dapat membantu anda dalam memahami lebih dalam mengenai PABX. Terimakasih

Konsultasi PABX Stabiliskom

Hubungi kami segera untuk membantu anda memenuhi kebutuhan IT-Infrastruktur, VoIP Solution (Komunikasi), serta Softwware Development (Pengembangan Software).

Kami akan membantu memecahkan masalah anda dan perusahaan, serta akan memberikan opsi pilihan terbaik untuk anda.Tentunya dengan opsi yang fleksibel dan meningkatkan perfoma kinerja tim anda.

Referensi 1

Referensi 2

Referensi 3

Referensi 4

Leave a Comment