Teknologi IP Phone Update 2020

IP Phone
IP Phone

IP Phone

Kata “IP” dalam Sistem IP Phone juga merupakan makna yang disingkat dari “Internet Protocol”, yang mengacu pada Voice over Internet Protocol. VoIP mengacu pada teknologi yang memungkinkan panggilan telepon yang akan disalurkan melalui Internet atau jaringan lokal (LAN) bukan melalui jalur PSTN menggunakan kabel RJ11 (Kabel yang digunakan pada telepon analog).

Telepon Analog dan IP Phone tidaklah sama, tetapi kita dapat beradaptasi dengan menggunakan telepon biasa disambungan ke perangkat analog telephone adapter (ATA). Jika kita melakukan hal ini, meskipun kita dapat menerima panggilan telepon, kita tidak dapat memanfaatkan banyak fitur VoIP. Mungkin untuk dirumah kita dapat menggunakan telepon tradisional dan ATA yang terhubung internet disertai layanan Cloud PBX. Tetapi dalam hal bisnis, umumnya disarankan ketika menggunakan VoIP, kita perlu menggunakan IP Phone.

Teknologi ini telah ada lama di Indonesia. Sistem IP Phone adalah pengganti langsung dari telepon sambungan telepon tetap. Biaya telepon PSTN secara signifikan lebih tinggi daripada biaya menelepon dari sistem telepon VoIP.

Baca Juga: Kalkulasi biaya VoIP dan PSTN

Cara kerja IP Phone

Cara kerja IP Phone
Cara kerja IP Phone

VoIP menggunakan teknologi untuk mengirimkan suara melalui Internet publik atau internet pribadi. Ini adalah teknologi yang jauh lebih handal dan stabil dibandingkan dengan teknologi Telepon Analog (PSTN) dan teknologi Telepon Digital

Cara menggunakan IP Phone

Cara menggunakan IP Phone
Cara menggunakan IP Phone

Pengguna Sistem Telepon IP hanya perlu menghubungkan IP Phone ke Internet (Menggunakan kabel LAN bahkan Wifi). Setelah terhubung, IP Phone akan mendaftarkan dirinya secara otomatis ke sistem telepon VoIP / VoIP Server.

IP Phone System terhubung melalui protokol SIP. Ini adalah infrastruktur komunikasi yang banyak digunakan oleh ISP, sistem telepon VoIP, dan telepon VoIP di seluruh dunia. Teknologi eksklusif dari VoIP dibangun pada PC standar atau tertanam hardware, yang terbukti lebih hemat biaya, dan kuat daripada telepon analog.

Kelebihan IP Phone

IP Phone memiliki banyak fitur

Android IP Phone
Android IP Phone

IP Phone mempunyai berbagai fitur (Tergantung dari merek vendor IP Phonenya). Biasanya semakin mahal IP Phonenya dan semakin banyak Line SIPnya maka IP Phonenya tersebut memiliki banyak fitur. Contoh fitur IP Phone:

  • Menggunakan Android System
  • Layar Touchscreen
  • Phone Lock
  • DND / Do Not Disturb
  • Loudspeaker
  • VPN Client
  • Memiliki Bluetooth
  • Memiliki Wifi
  • Dapat terintegrasi dengan Handset, dan masih banyak lagi

IP Phone memiliki banyak variasi

VoIP Software / Softphone
VoIP Software / Softphone

IP Phone mempunyai berbagai variasi yang berbeda dan dengan berbagai sistem operasi. Beberapa terlihat seperti telepon analog, yang lain memiliki kesamaan dengan tablet Android dan Apple. Bentuk lainnya IP Phone adalah:

  • Telepon Conference IP
  • Video Phone Conference
  • Tersedia dalam bentuk Software / Softphone

IP Phone memiliki POE

IP Phone POE
IP Phone POE

IP Phone bisa mendapatkan daya listrik melalui kabel ethernet, daripada menggunakan adapter. Ini disebut POE. IP Phone POE sangat bagus digunakan ditempat yang tidak ada colokan listrik.

IP Phone tersedia tanpa kabel

Wireless IP Phone
Wireless IP Phone

IP Phone Wifi digunakan ditempat yang tidak ada sambungan kabel LAN tapi ada listriknya. Beberapa IP Phone memiliki fitur bluetooth, sehingga kita dapat menghubungkan headset dan telepon disekitar kita.

IP Phone menyediakan mode bridge ethernet

Bridge IP Phone
Bridge IP Phone

IP Phone juga memiliki 2 port ethernet di bagian belakang, yang berarti kita dapat memasang salah satu ujungnya ke switch dan ujung lainnya ke komputer. Beberapa IP Phone memiliki kecepatan gigabit, sementara lainnya memiliki kecapatan tinggi.

IP Phone memiliki banyak line SIP

IP Phone line SIP
IP Phone line SIP

Biasanya IP Phone yang mahal mampu menangani banyak line sip. Sebaliknya IP Phone yang murah memiliki line sip yang terbatas biasanya 1 account.

Sistem telepon IP tentunya lebih canggih karena tidak terbatas pada jumlah port fisik. Dalam konteks ini, IP Phone memiliki lebih banyak fitur yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam bisnis Anda. Sebagai pengganti tren pertumbuhan intelijen bisnis dan otomatisasi, IP Phone Systems mendukung Komunikasi Cloud yang dimana panggilan suara dapat dianalisis, dilacak, dan digunakan untuk menyampaikan informasi mendalam penting, terutama bagi Sales dan Marketing.

Referensi 1

Referensi 2

Referensi 3

Leave a Comment